5 Tips Ampuh Memilih Lokasi Gudang yang Tepat

Gudang adalah sebuah tempat khusus untuk penyimpanan barang dalam jangka waktu tertentu. Gudang bisa dimanfaatkan untuk tempat penyortiran barang, pengolahan barang, proses pengemasan, serta penyimpanan sebuah produk sebelum didistribusikan.

Untuk pemilihan lokasi gudang tidak bisa dilakukan secara gegabah dan sembarangan. Dalam memilih lokasi gudang harus diperhatikan secara cermat untuk menghindari kesalahan fatal yang ditimbulkan nantinya.

Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat Anda pelajari sebelum menentukan lokasi gudang yang akan Anda tempati.

1.  Sesuaikan Lokasi 

Anda harus menentukan terlebih dahulu gudang yang akan Anda tempati digunakan untuk apa, sebelum melakukan pemilihan lokasi. Hal ini perlu dilakukan agar gudang tersebut bisa berguna sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

Apabila gudang tersebut digunakan untuk penyimpanan barang produksi, sebaiknya Anda mencari gudang yang berlokasi dekat dengan tempat pendistribusian. Namun, apabila barang yang Anda simpan merupakan bahan mentah, maka sebaiknya Anda mencari gudang yang berlokasi di dekat pabrik pengolahan.

Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa gudang yang akan ditempati memiliki letak geografis yang strategis, seperti kontur tanah yang stabil, tidak termasuk area rawan banjir, serta tidak mengalami penurunan permukaan tanah. Hal ini diperlukan untuk menghindari kerugian perusahaan yang diakibatkan oleh bencana tersebut.

Anda juga perlu mempertimbangan dengan keadaan lingkungan sosial disekitar lokasi.  Karena gudang yang akan Anda tempati mungkin saja menyebabkan kebisingan yang ditimbulkan oleh aktivitas didalamnya. Oleh karenanya, Anda harus sebisa mungkin menghindari penempatan lokasi gudang yang dapat menyebabkan konflik dengan warga sekitar. Hal ini untuk menghindari agar tidak terjadi perselisihan di kemudian hari.

2. Pemilihan Konstruksi Bangunan yang Memadai

Dalam proses pemilihan gudang, Anda juga harus lebih cermat dan teliti mengenai kondisi konstruksi bangunan. Anda harus memilih konstruksi bangunan yang kokoh dan berkualitas baik.

Konstruksi dengan bangunan kualitas yang baik yakni bangunan yang memiliki pondasi tiang panjang, lantai cor yang dilengkapi dengan wiremesh, dinding dengan tinggi minimal 9 meter, dan tombak layer setinggi 11 meter. Dengan demikian, Anda bisa menambahkan properti seperti mezzanine atau rak yang dapat lebih memaksimalkan dalam penyimpanan barang.

3.  Merencanakan Berbagai Biaya yang Diperlukan

Dalam proses pemilihan lokasi gudang Anda harus tetap memperhatikan anggaran biaya yang diperlukan. Anda bisa memilih harga gudang yang lebih terjangkau namun tetap sesuai dengan fungsi gudang. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari pemborosan dan meminimalisir pengeluaran.

Selain itu, standar upah bagi pekerja juga harus diperhatikan. Masing-masing daerah di Indonesia memiliki regulasi berbeda yang mengatur tentang upah minimum pekerja. Anda bisa memastikan bahwa standar upah tersebut sudah sesuai dengan anggaran yang sudah Anda tetapkan.

Kemudian Anda juga perlu memperhatikan biaya transportasi yang nantinya akan diperlukan untuk melakukan pergerakan barang dari lokasi gudang ke lokasi tujuan.

Anda perlu mengetahui berapa biaya pajak dari bangunan gudang yang nantinya Anda tempati. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan struktur pajak yang mengatur lokasi gudang, apakah terdapat pajak khusus yang dibebankan untuk mengoperasikan sebuah gudang atau hanya terdapat regulasi pajak umum saja.

4.  Kualitas Infrastruktur yang Memadai

Penting bagi Anda memilih lokasi gudang yang mudah dijangkau oleh berbagai sarana transportasi. Anda bisa mempertimbangkan lokasi dengan beberapa hal seperti kemudahan akses untuk melewati jalur tol, memiliki jalan yang lebar, serta kekuatan jalan sekitar untuk menahan beban.

Kemudian, akan lebih baik jika Anda memilih lokasi gudang yang dekat dengan area transit seperti stasiun, bandara, terminal maupun pelabuhan. Hal ini diperlukan untuk menghindari keterlambatan dalam proses pendistribusian barang.

Selain itu, lokasi gudang dengan jaringan internet yang stabil juga bisa menjadi pertimbangan Anda. Tak hanya itu, tersedianya aliran listrik serta sumber air yang mumpuni juga sangat penting untuk diperhatikan.

5.  Jarak Antara Gudang Dengan Pasar yang Mudah Dijangkau

Arti pasar yang dimaksudkan disini adalah demand atau permintaan dari pelanggan. Dalam pemilihan lokasi gudang, Anda bisa mempertimbangkan jarak antara lokasi gudang dengan lokasi konsumen. Semakin dekat dengan lokasi konsumen, maka semakin mudah pula proses pendistribusian produk dari gudang.

Selain itu, dekatnya lokasi gudang dengan konsumen akan memudahkan dalam memobilisasi kebutuhan konsumen. Hal ini dapat meringankan Anda untuk mengurangi biaya transportasi yang dibutuhkan, menghemat waktu yang diperlukan untuk menempuh perjalanan, serta dapat meningkatkan daya tanggap terhadap bisnis.

Demikian tadi beberapa tips yang bisa Anda pelajari sebelum menentukan lokasi gudang yang akan Anda tempati. Mencari gudang memang tidak semudah yang dibayangkan. Karena gudang merupakan salah satu bentuk elemen penting yang tidak hanya berkaitan dengan penyimpanan barang namun juga sebagai tempat produksi serta pendistribusian barang.

Informasi mengenai gudang yang dijual di berbagai daerah bisa Anda temukan secara mudah melalui website rumah.com. Segera kunjungi rumah.com untuk menemukan gudang sesuai dengan yang Anda butuhkan.