7 Fitur yang Wajib Ada dari Aplikasi Absensi Online

Aplikasi absen online merupakan aplikasi dunia kerja yang cukup populer dewasa ini, sebelum ada pandemi Covid-19 dan WFH sebenarnya aplikasi ini sudah ada, namun namanya cukup booming ketika kota-kota di Indonesia melakukan lockdown karena virus Covid-19 dan banyak kantor yang melakukan WFH untuk karyawannya.

Aplikasi absen online ini memberikan banyak kemudahan untuk kantor dalam hal penilaian karyawan, dimana cukup menggunakan teknologi, semua karyawan bisa dipantau bagaimana ketertiban absensinya. Sebenarnya apa sih fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi absen online? Apa yang membuat aplikasi ini banyak digunakan untuk membantu kantor mengelola SDM nya? Mari kita bahas bersama di ulasan kali ini

Fitur Aplikasi Absensi Online

Fitur aplikasi absen online di lengkapi dengan time tracker sehingga waktu absensi kehadiran karyawan akan    tercatat dengan baik di aplikasi ini untuk kemudian hasil dari absensi ini akan terinput dengan baik di bagian manajemen aplikasi absen online. Memangnya apa manfaat dari time tracker ini? Tentu saja dengan adanya time tracker ini akan terlacak bagaimana ketertiban dan ketepatan waktu absensi mu dalam kurun waktu tertentu. Jika kamu datang di waktu awal, maupun di waktu yang mepet dengan jam masuk ataupun terlambat, akan terbaca dengan jelas di aplikasi absen online ini.

Jangan lupa bahwa ketepatan waktu dan ketertiban karyawan adalah salah satu kriteria penilaian karyawan, jadi jika kamu selalu tepat waktu dalam absensi masuk pastinya HRD bisa menilainya dengan baik, pun untuk karyawan yang memiliki time management yang buruk seperti sering terlambat juga akan terlihat dengan baik sehingga tidak akan bisa untuk melakukan kecurangan. Tentu saja ini juga akan memberikan keadilan untuk karyawan, karena umumnya dalam manajemen tempat kerja ada reward dan punishment untuk karyawannya, sehingga reward dan punishment bisa diberikan kepada karyawan yang tepat.

1. Aplikasi Absensi Untuk Keseharian, Lembur Dan Perjalanan Dinas

Menggunakan aplikasi absen online bisa digunakan untuk kebutuhan absensi kehadiran apa saja karena sangat fleksibel. Aplikasi absen online ini bisa diatur untuk absensi harian, absensi lembur maupun absensi perjalanan dinas. Hanya menggunakan satu perangkat seperti smartphone karyawan bisa absen dengan mudah dan cepat dan untuk banyak keperluan.

2. Aplikasi Mekari Membantu Memudahkan Anda Untuk Memanagement waktu

Selain karyawan yang dimudahkan karena bisa absen dengan mudah, cepat dan untuk banyak keperluan. HRD pun juga terbantu karena melalui aplikasi ini, kinerja karyawan tercatat dengan baik. Misalnya karyawan yang sedang lembur maka jam mulai lembur sampai selesai lembur akan terinput dengan akurat karena ada time tracker sehingga untuk masalah pembayaran lembur bisa tepat.

Atau untuk karyawan yang sedang melakukan perjalanan dinas, tidak perlu absensi dulu ke kantor, namun menggunakan aplikasi absen online, ia bisa absen dengan baik. Jadi HRD dimudahkan karena bisa memantau karyawan dengan baik pun karyawan bisa mudah dalam absen.

3. Pengajuan Izin Dan Cuti

Menggunakan absensi konvensional, mengajukan cuti dan izin masih menggunakan cara kuno. Menggunakan aplikasi absen online, ada fitur pengajuan izin dan cuti yang bisa dilakukan dengan mudah. Dari aplikasi ini, HRD akan tahu bahwa kamu mengajukan cuti untuk kemudian disetujui atau ditolak. Pengajuan cuti tidak perlu dengan bertatap muka ataupun menuliskan cuti di kertas. Apalagi di saat WFH, kamu bisa dengan mudah mengajukan cuti hanya dari rumah menggunakan aplikasi absen online ini. Cukup mudah, bukan?

Fitur yang cukup memudahkan karyawan lainya adalah fitur izin online yang membantu karyawan jika sedang ada halangan. Tidak perlu izin menggunakan aplikasi perpesanan pribadi, aplikasi absen online dilengkapi dengan fitur izin yang membantu karyawan izin dengan mudah secara online. Jadi izin bisa dilakukan dari rumah saja menggunakan aplikasi ini.

4. Slip Gaji

Menggunakan aplikasi absen online, karyawan bisa mengakses slip gaji digital loh. Slip gaji yang diberikan menggunakan aplikasi absensi kehadiran ini memudahkan HRD untuk menyampaikan rincian gaji untuk karyawan ketika WFH maupun WFO. Tidak lagi perlu kertas untuk mencetak, juga tidak perlu lagi mendistribusikan slip gaji satu persatu karena menggunakan aplikasi absen online ini slip gaji bisa diberikan dengan mudah.

HRD juga tidak perlu menggunakan aplikasi perpesanan lain untuk memberikan slip gaji satu per satu kepada karyawan, selain harus menuliskan alamat atau kontak juga akan menghabiskan waktu karena. Menggunakan Aplikasi absen online ini slip gaji bisa didistribusikan dengan mudah.

Pemberian slip gaji dalam bentuk digital kepada karyawan ini juga memberikan keuntungan karena mereka bisa melihat rincian gajinya tanpa khawatir hilang, bahkan slip gaji bisa disimpan dan diakses kapanpun. Slip gaji adalah salah satu syarat jika ingin mengajukan pinjaman bank maupun kredit, dengan slip gaji digital ini karyawan bisa mengakses slip gaji 3 sampai 6 bulan lalu    dengan mudah, pun juga tidak perlu mencari-cari lagi jika slip gaji hilang.

5. Tracking Lokasi

Tracking lokasi adalah salah satu hal yang dibutuhkan untuk memantau karyawan yang sedang melakukan perjalanan dinas. Dengan aplikasi absen online, karyawan bisa memberikan update lokasi yang jelas dan akurat kepada kantor sehingga mereka bisa melihat perjalanan dinas karyawan.

Melakukan tracking lokasi untuk karyawan yang sedang melakukan perjalanan dinas menggunakan aplikasi absen online memberikan kemudahan kepada HRD dalam memantau karyawan tersebut secara otomatis. Menggunakan media absensi konvensional, HRD tidak bisa memantau perjalanan dan lokasi karyawan dengan baik. Jadi aplikasi absen online cukup efektif    untuk mengecek lokasi karyawan ketika sedang di perjalanan dinas.

6. Teknologi Gps

Aplikasi absen online juga dilengkapi dengan GPS, dimana GPS ini digunakan untuk menetapkan lokasi absensi dan juga tracking lokasi untuk karyawan yang melakukan perjalanan dinas. Lokasi absensi adalah wilayah yang hanya bisa digunakan untuk absen secara online, misalnya penetapan lokasi di kantor jadi karyawan hanya bisa absen di kantor.

Hal ini digunakan untuk mengurangi kecurangan absen. Tanpa adanya GPS untuk penetapan absensi ini, karyawan bisa melakukan kecurangan dengan absen dimana saja, jadi dengan fitur GPS ini di lokasi yang sudah ditetapkan dan waktu real time karyawan datang di kantor.

7. Membantu Memanajemen waktu

Fitur-fitur yang ada di aplikasi absen online ini dapat memudahkan urusan administrasi absen dan pemantauan karyawan, dengan adanya perkembangan teknologi absensi ini, absensi bisa dilakukan lebih efisien dan mudah, tidak banyak membuang energi dan yang paling penting bisa menghubungkan jarak yang jauh. Yang paling penting, Aplikasi absen online ini memberikan kemudahan untuk kantor maupun untuk karyawan.

Salah satu aplikasi absensi kehadiran yang membantu memenuhi kebutuhan absensi karyawan adalah Mekari dengan fitur yang mendukung untuk absensi yang efisien dan mudah yang dapat diakses dilink berikut ini https://mekari.com/produk/absensi-kehadiran-online/.

Mekari adalah Perusahaan Software-as-a-Service (SaaS) terdepan yang menyediakan solusi automasi bisnis berbasis cloud untuk mendukung perkembangan beragam bisnis di Indonesia, dari kecil sampai besar, melalui penggunaan teknologi.

Mekari hadir sebagai solusi automasi berbasis cloud yang terlengkap dan terintegrasi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas berbagai operasional bisnis, seperti pengelolaan HR, akuntansi, perpajakan, benefits, komunikasi, dan customer relations. Saat ini Mekari telah dipercaya oleh 35,000+ di lebih dari 20 kota dengan jumlah pengguna 450,000+. Yuk mulai berlangganan untuk pengalaman absensi online yang menyenangkan dan efisien.