Apa itu Chatbot Whatsapp? Simak Penjelasan Lengkap Berikut

Chatbot WhatsApp adalah sebuah software otomatis yang menggunakan Artifical Intelegence (AI) serta dijalanankan oleh sistem WhatsApp. Pengguna dapat berkomunikasi dengan chatbot tersebut melalui tampilan interface seperti chat whatsapp pada umumnya. Tetapi, balasan yang akan diterima pengguna nantinya sudah di program secara otomatis melalui chatbot dari whatsapp.

Chatbot Whatsapp berjalan melalui platform Whatsapp secara terenskripsi, dan digunakan sebagai pengganti dari individu atau pengguna nyata dalam membalas pesan yang biasanya digunakan untuk kebutuhan bisnis. Teknologi ini juga sering dianggap sebagai asisten digital, karena dapat memahami serta memproses pesan dari pengguna, lalu memberikan balasan yang sesuai. Chatbot Whatsaap sering digambarkan sebagai teknologi interaksi yang canggih karena mampu memberikan balasan yang sesuai dan cepat.

Manfaat Dari Chatbot Whatsapp

Chatbot whatsapp dapat mempermudah komunikasi antara pengguna dengan sebuah bisnis tertentu. Sebuah bisnis dapat menggunakan chatbot whatsapp sebagai layanan customer service yang lebih efisien untuk melayani berbagai pertanyaan dan keluhan dari pelanggan selama 24 jam. Keberadaan chatbot whatsapp juga bisa mendukung usaha dari para pebisnis karena bot tersebut mampu berkomunikasi dengan pelanggan secara otomatis dan cepat.

Selain itu, informasi penting seperti status transaksi, katalog, jenis barang, dll juga bisa diprogram menggunakan chatbot whatsapp agar bisa menampilkannya ke pelanggan lebih cepat dan akurat. Terakhir, chatbot whatsapp juga mengurangi terjadinya human error yang disebabkan oleh kesalahan dari manusia, serta menghemat biaya.

Cara Kerja Chatbot Whatsapp

Cara kerja chatbot whatsapp sendiri terdiri dari dua tugas inti. Tugas yang pertama adalah menganalis permintaan dari pengguna. Setelah itu, chatbot whatsapp akan memberikan respon berdasarkan input yang telah ditulis oleh pengguna, lalu memberikan jawabannya secara otomatis. Hal tersebut bisa dilakukan dengan bantuan dari bot atau robot internet ini. Bahkan, saat ini sistem bot sudah dapat menirukan percakapan manusia dalam bentuk lisan maupun tulisan.

Secara simple, cara kerja dari chatbot whatsapp adalah menggunakan keyword atau kata kunci yang sudah diprogram sebelumnya dalam sistem. Setelah itu, chatbot whatsapp akan menganalisis pertanyaan dari pengguna, dan memberi jawaban otomatis sesuai dengan keyword pertanyaan yang mereka ajukan. Selain diprogram untuk analisis dan identifikasi yang cepat dan akurat, chatbot whatsapp juga mempunyai 4 metode yang digunakan untuk sistem operasionalnya, yaitu:

  • Penyesuaian Algoritma (Suitable Algorithms)

Chatbot whatsapp berbasis algoritma menggunakan metode pencocokan pola melalui program algoritma dan membandingkan input kalimat dengan respon melalui data. Algoritma mempunyai peran untuk membantu chatbot whatsapp dalam menganalisis data dalam jumlah besar secara otomatis.

  • Penyesuaian Pola (Pattern matcher)

Metode chatbot whatsapp ini menggunakan strategi penyesuaian pola untuk mengelompokkan teks. Chatbot tersebut menggunakan basis dokumen yang terdiri dari pola dan template tertentu. Saat bot menerima input keyword yang cocok dengan pola, bot tersebut akan mengirimkan balasan sesuai dengan template tanggapan yang sudah diprogram sebelumnya.

Biasanya, pola dan template keyword tersebut diprogram dan dimasukkan secara manual. Kelemahan dari metode ini adalah jika ada keyword pesan yang belum diprogram sebelumnya, maka bot tersebut tidak akan mampu memberikan jawaban yang sesuai.

  • Penyesuaian Pohon Keputusan (Decision Tree-Based)

Cara kerja chatbot whatsapp yang satu ini bisa dibilang kurang ramah untuk pengguna. Hal tersebut karena pengguna harus mengikuti urutan jawaban yang sudah dicantumkan oleh bot sebelumnya. Banyak pemilik bisnis yang menggunakan metode ini karena lebih efisien dan cepat dalam melayani pertanyaan dari para pengguna. Hal tersebut karena pengguna sudah diberi widget sebelumnya berupa tombol yang sudah berisikan jawaban.

  • Menggunakan AI (Artifical Intelligence)

Terakhir ada chatbot whatsapp jenis kontektstual yang mengandalkan sistem Artifical Intellgence (AI) dengan metode Machine Learning. Metode ini merupakan metode yang terbaik dibandingkan 3 metode sebelumnya. Dalam metode ini, AI yang yang digunakan akan menciptakan metode kontekstual yang disebut Natural Language Processing (NLP) untuk memudahkan AI dalam memahami bahasa dan maksud dari pengguna.

AI dalam metode ini mampu menerima pertanyaan yang diberikan pengguna walaupun input yang dimasukkan tidak spesifik. Chatbot whatsapp jenis ini mampu mengidentifikasi dan menganalisis input pengguna dengan topikyang lebih luas, karena AI akan membuat simulasi percakapan secara berulang untuk memberikan balasan yang lebih akurat dan alami.

Cara Menggunakan Chatbot Whatsapp

  • Mendaftar WhatsApp API

Sebelum membuat chatbot whatsapp, anda harus mengenal apa itu Application Programming Interface (API). API adalah sebuah program yang menjadi penghubung untuk memungkinkan anda menerima dan menjawab pesan whatsaap tanpa adanya Batasan tertentu. Umumnya, API bisa digunakan oleh banyak admin, namun hanya menggunakan satu nomor saja. API juga berfungsi menyimpan nomor dan melakukan sinkronisasi chat secara otomatis.

Hal pertama yang harus anda lakukan saat membuat chatbot whatsapp adalah mendaftar whatsapp API melalui partner resmi seperti qontak.com. Selanjutnya, anda perlu mengisi formulir identitas diri dan bisnis. Sebelum membuat chatbot whatsapp, anda juga perlu memilih tipe profil dari bisnis anda. Ada dua tipe profil bisnis yang tersedia, yaitu bisnis resmi dan bisnis biasa. Perbedaan dari kedua tipe ini adalah bisnis official memiliki tanda centang hijau atau verified di samping nama profilnya.

  • Memverifikasi Facebook Business Manager

Setelah pendaftaran whatsapp API telah disetujui, anda juga perlu melakukan verifikasi Facebook Business Manager yang terkait dengan bisnis anda. Anda perlu menyiapkan nama perusahaan, URL, domain email, dan SIUP/NIP/NPWP bisnis untuk melakukan verifikasi.

  • Memprogram Chatbot Whatsapp

Setelah semua proses diatas telah selesai. Anda bisa mulai untuk mengisi katalog pada whatsapp business anda dengan aneka produk yang anda akan jual. Lalu mengatur respon percakapan, pertanyaan, dan transaksi dari chatbot whatsapp untuk nantinya digunakan dalam merespon pelanggan secara otomatis.

Alasan Mengapa Anda Harus Menggunakan Chatbot Whatsapp Dari Qontak.com

Saat ini, banyak sekali Business Solution Partner atau partner resmi dari Whatsapp yang menyediakan layanan pendaftaran Whatsapp API. Salah satunya adalah qontak.com, yang merupakan salah satu partner resmi pendaftaran whatsapp API terbaik yang bisa anda gunakan. Ada beberapa faktor yang membuat qontak.com menjadi unggulan dalam menyediakan chatbot whatsapp, yaitu:

  • Menggunakan Artifical Intelligence (AI)

Qontak.com menyediakan chatbot whatsapp yang menggunakan kecerdasan buatan AI. Adanya AI tersebut tentunya dapat membuat chatbot whatsapp yang disediakan qontak.com memiliki respon yang lebih luas dan efisien.

  • Dapat Mengirimkan Pesan Secara Broadcast

Chatbot yang disediakan Qontak.com mampu mengirimkan pesan dalam jumlah banyak secara bersamaan. Fitur ini bisa membantu anda untuk memberikan informasi terbaru seperti diskon, produk baru, dll kepada pelanggan lebih cepat.

  • Mengetahui Feedback Dari Pelanggan

Chatbot whatsapp mampu mengumpulkan feedback dari para pelanggan setelah pelanggan selesai berinteraksi dengan bot tersebut. Hal ini berguna untuk menganalisis respon dan minat pelanggan terhadap produk yang anda jual.

  • Keamanan yang Terjamin

Whatsapp mempunyai fitur keamanan bernama end-to-end encryption, dimana interaksi dan pesan tersebut hanya bisa diakses oleh kedua pihak yang bertukar pesan saja. Hal ini bisa menjamin privasi dari kedua pihak dan mengurangi resiko adanya pembajakan pesan.

Otomatisasikan bisnismu bersama Qontak sebelum ketinggalan. Untuk mengetahui lebih banyak tentang Qontak dapat menghubungi tim Qontak melalui Qontak.com dan dapatkan akun demo gratis.