Kami menerima pertanyaan pembaca minggu lalu tentang aplikasi perpesanan Telegram. Pertanyaannya adalah ‘Bagaimana saya bisa menyembunyikan nomor telepon saya di Telegram’. Sebuah pertanyaan sederhana dengan jawaban yang tidak begitu sederhana.

Telegram adalah salah satu aplikasi pesan yang lebih aman di luar sana. Bahkan, ini adalah salah satu platform pesan aman paling populer di sekitar dengan lebih dari one hundred juta pengguna aktif. Ia dikenal aman dan dapat dipercaya. Keamanan itu sekarang merupakan manfaat yang signifikan bagi pengguna yang cerdas dan di samping antarmuka yang intuitif, platform yang strong dan kemudahan penggunaan membuat Telegram seperti sekarang ini.

Seperti WhatsApp, obrolan dienkripsi dan cukup aman. Tidak seperti WhatsApp, obrolan Telegram adalah server ke klien daripada klien ke klien tetapi masih cukup pribadi. Terutama ketika Pavel Durov, CEO Telegram telah berjanji bahwa dia tidak akan pernah menjual meskipun di bawah tekanan dari pemerintah.

Bagaimanapun, kembali ke masalah yang dihadapi. Bagaimana Anda bisa menyembunyikan nomor telepon Anda di Telegram? Jawaban singkatnya adalah Anda tidak dapat secara guide menyembunyikan nomor Anda. Kabar baiknya adalah Anda tidak harus benar-benar melakukannya.

Telegram menggunakan nomor telepon Anda sebagai verifikasi dengan nama pengguna untuk semua yang lain. Ketika Anda pertama kali mengatur akun Telegram Anda, Anda harus menyediakan sel Anda dan membuat nama pengguna yang akan digunakan di sebagian besar obrolan. Telegram kemudian akan mengirimkan kode verifikasi ke ponsel Anda untuk memverifikasi akun Anda.

Pengguna Telegram lainnya hanya akan melihat nomor telepon Anda jika Anda memilikinya. Misalnya, teman-teman, siapa pun di kontak telepon Anda dan siapa pun yang dengan senang hati Anda bagikan nomor telepon Anda. Pada dasarnya, jika Anda memiliki nomor mereka, mereka punya milik Anda.

Jika Anda membuat teman baru di Telegram atau memberikan nama pengguna Anda kepada lelaki atau wanita cantik yang Anda lihat di kedai kopi, mereka tidak akan melihat nomor Anda sampai Anda memberikannya kepada mereka. Jika Anda menukar nomor dan menambahkannya ke kontak telepon Anda, mereka akan melihat nomor Anda. Jika tidak, mereka tidak akan melakukannya.

Ini adalah sistem sederhana yang menjaga kemiripan privasi. Selama Anda tidak menambahkan nomor orang ke kontak telepon Anda, semua yang akan mereka lihat adalah nama pengguna Telegram Anda.

Beberapa suggestions privasi Telegram yang berguna lainnya
Meskipun Telegram relatif pribadi di luar kotak, ada beberapa tweak yang dapat Anda buat untuk menjadi lebih pribadi. Berikut adalah beberapa cara untuk membuat Telegram lebih aman.

Obrolan yang merusak diri sendiri
Telegram memiliki fitur Obrolan Rahasia yang menggunakan enkripsi ujung-ke-ujung dan akan merusak dirinya sendiri. Anda perlu mengatur timer untuk obrolan ini tetapi selain itu cukup otomatis. Untuk obrolan yang tidak ingin Anda temukan, ini adalah fitur yang sangat keren.

1. Buka obrolan rahasia di Telegram.
2. Pilih ikon menu tiga titik.
3. Pilih ‘Setel timer penghancur otomatis’ dan atur waktu.

Setelah pengatur waktu diatur, semua pesan dalam sesi obrolan tersebut akan dihapus pada waktu yang ditentukan.

Sembunyikan tangkapan layar dari galeri ponsel Anda
Jika Anda tidak ingin screenshot Telegram Anda muncul di galeri media ponsel Anda, Anda dapat menyembunyikannya. Anda dapat menentukan dengan tepat media apa yang bisa dan tidak dapat dilihat dari luar Telegram dan merupakan fitur yang sangat rapi untuk beberapa obrolan.

Di Android:

1. Pilih Pengaturan Telegram.
2. Nonaktifkan Simpan ke galeri.

Di iOS:

1. Arahkan ke Pengaturan telepon.
2. Pilih Privasi dan Foto.
3. Alihkan Telegram ke off.

Anda masih dapat melihat media tersebut dari dalam Telegram tetapi tidak akan terlihat dari luar.

Kunci sandi Telegram
Jika orang lain memiliki akses ke telepon Anda dan Anda ingin menjaga privasi, Anda dapat mengatur kunci kata sandi dalam Telegram. Ini mengunci aplikasi dan menghentikan siapa saja yang bisa menggunakan atau melihat aplikasi.

1. Pilih Pengaturan Telegram.
2. Pilih Privasi lalu Keamanan.
3. Aktifkan Kunci Kode Sandi dan masukkan PIN.

Mulai sekarang, Anda harus memasukkan PIN saat Anda pertama kali memulai Telegram. Tanpa PIN, aplikasi tidak akan mulai.

Sembunyi Terakhir dilihat untuk kontak yang dipilih di Telegram
Seperti yang Anda ketahui, Telegram menunjukkan kepada orang lain kapan terakhir kali Anda menggunakan aplikasi. Jika Anda mencoba menghindari seseorang atau ingin mengobrol tanpa terlihat, Anda dapat melakukannya.

1. Pilih Pengaturan Telegram.
2. Pilih Privasi lalu Keamanan.
3. Buat pilihan Anda di bawah Last Seen.

Anda dapat memilih Everybody, My Contacts atau Nobody. Anda juga dapat mengatur pengecualian. Ini memungkinkan Anda untuk menambahkan kontak yang akan selalu dikecualikan dari notifier yang dilihat terakhir.

Anda tidak dapat menyembunyikan nomor telepon Anda di Telegram tetapi Anda tidak perlu melakukannya. Selama Anda ingat untuk tidak menambahkan kontak seseorang ke ponsel Anda, atau menghapusnya sebagai kontak, mereka tidak akan melihat nomor Anda. Mudah!