Sunday, September 03, 2017Sunday, September 03, Kicauan Wong Cilik – Setelah sekian lama tulisan-tulisan saya berisi informasi yang hanya terfokus untuk pembaca intermediate, pada waktu-waktu ini saya ingin mengkombinasikannya dengan tulisan yang ringan dan informatif untuk semua kalangan.

Sekarang saya akan bahas Cara Merubah Privasi Kiriman Facebook Menjadi Publik atau Pribadi, informasi yang sangat sederhana tetapi mungkin akan sangat berguna, khususnya untuk anda para Netizen pengguna Facebook.

Oke, ada beberapa alasan bukan yang mendasari kenapa anda ingin merubah privasi kiriman di akun Facebook kesayangan anda? misalnya, agar kiriman dapat dilihat oleh siapa saja ketika kiriman dibagikan ke group, fans web page atau timeline orang lain. Atau sebaliknya anda ingin menjadikan semua kiriman anda hanya dapat dilihat oleh diri sendiri, teman atau hanya teman dari teman anda. Apapun itu alasannya.

Kiriman yaitu standing, foto, video dan komentar yang anda posting di Facebook. Tetapi perlu anda ketahui bahwa privasi di Facebook akan berbenturan diposting pada kiriman milik orang lain, misalnya komentar yang anda tulis di standing seseorang, nah komentar ini tidak akan terpengaruh walaupun anda telah menyetel privasi kiriman menjadi tipe apapun. Jika memang anda berniat menyembunyikannya, solusi satu-satunya adalah dengan melakukan tindakan guide seperti menghapus komentar tersebut.

Yang akan saya bahas kali ini adalah cara yang instan, yaitu walaupun hanya melakukan satu kali setelan tetapi akan berpengaruh terhadap seluruh kiriman anda. Akan saya bahas three tipe saja, yaitu Privasi Publik, Teman dan Privasi Pribadi ( Hanya Saya). Untuk tipe lainnya silahkan anda kembangkan secara mandiri. Silahkan simak langkah-langkahnya :

Merubah Privasi Menjadi Publik di FB
1. Masuk ke pengaturan, caranya dengan menekan ikon caret di bagian kanan atas jendela Facebook anda. Lihat Cuplikan dibawah :

Lalu pilih Pengaturan / Settings

2.Selanjutnya pilih tab Privasi / Privacy

three. Pada halaman pengaturan, cari pilihan “Sertakan Publik sebagai opsi dalam pemilih pemirsa Anda?”. Klik Sunting / Edit lalu klik Izinkan Mengirim ke Publik.
four. Selanjutnya pada pilihan diatasnya “Siapa yang dapat melihat kiriman Anda selanjutnya?” klik Sunting / Edit lagi lalu pilihan Publik sekarang sudah tersedia untuk diterapkan pada kiriman anda. Klik saja Publik.

5. Dan ya, sekarang semua kiriman yang akan anda buat akan berprivasi publik, untuk mengeceknya silahkan anda coba buat sebuah kiriman baru, maka sekarang privasinya sudah berhasil menjadi publik.

Sayangnya untuk privasi kiriman sebelum-sebelumnya, tidak akan otomatis berubah menjadi publik setelah melakukan setelan ini, tetapi setidaknya sekarang anda sudah bisa mengganti privasi kiriman tersebut menjadi publik karena fiturnya sudah anda aktifkan. Berbeda dengan cara kedua yaitu untuk merubah privasi publik menjadi teman saja, pengaturan ini secara otomatis akan diterapkan untuk semua kiriman berprivasi publik dan teman dari teman.

Merubah Privasi Menjadi Teman di FB
Jika kiriman berprivasi “Teman” artinya kiriman tersebut hanya dapat dilihat oleh orang-orang yang sudah berteman dengan anda di Facebook, selain teman Facebook maka mereka sama sekali tidak dapat melihatnya. Ketika anda merubah privasi kiriman publik menjadi teman saja maka setelan ini akan otomatis diterapkan untuk semua kiriman anda sebelum-sebelumnya yang memilik privasi publik atau teman dari teman, jadi anda tidak perlu repot ubah satu-per-satu privasinya.

Langkah-langkahnya sama seperti pada metode pertama, yaitu masuk ke Pengaturan / Setings lalu pilih tab Privasi.

1. Selanjutnya pada pilihan “Batas Pemirsa untuk Kiriman Lama pada Kronologi Anda” silahkan Sunting / Edit lalu klik Batasi Kiriman Terdahulu.

three. Klik Konfirmasi

2. Sunting pada “Siapa yang dapat melihat kiriman Anda selanjutnya?” lalu pilih Teman.

three.Selesai sudah, sekarang semua kiriman anda akan berprivasi Teman saja.

Merubah Privasi Menjadi Pribadi (Hanya Saya) di FB
Saya rasa caranya sama saja, anda hanya tinggal mengubah privasi pada pilihan “Siapa yang dapat melihat kiriman Anda selanjutnya?” menjadi Hanya Saya yang memiliki ikon gembok seperti cuplikan dibawah ini :

Oke sekarang saya akan jelaskan jenis – jenis privasi Facebook secara singkat :

1. Privasi Publik
Artinya kiriman (standing, foto, video, komentar) akan dapat dilihat oleh siapapun termasuk orang yang belum mendaftar Facebook. Biasanya setelan Privasi ini digunakan untuk keperluan sharing kiriman ke group, fans fage, timeline orang lain dan kepada orang diluar Facebook.

2. Privasi Teman dari teman
Artinya kiriman dapat dilihat oleh teman anda dan orang yang berteman dengan salah-satu teman Facebook anda.

3. Privasi Teman
Artinya, kiriman hanya dapat dilihat hanya oleh orang yang sudah berteman dengan anda.

4. Privasi Teman kecuali..
Artinya, kiriman dapat dilihat hanya oleh sebagian besar teman kecuali orang-orang tertentu yang sudah berteman dengan anda. Ketika anda memilih privasi Teman kecuali.. maka anda harus memilih siapa saja teman yang tidak bisa melihat kiriman anda sesuai kehendak pribadi.

5. Privasi Teman spesifik
Artinya, hanya sebagian kecil saja dari teman yang dapat melihat kiriman anda. Yaitu orang-orang yang hanya anda pilih saja.

6. Privasi Hanya Saya
Artinya hanya anda yang dapat melihat kiriman milik anda sendiri.

Baiklah, sebenarnya pengaturan Privasi tidak hanya dapat diterapkan untuk kiriman saja, tetapi juga dapat diterapkan untuk profil, timeline (kronologi), komentar, daftar pertemanan, permintaan pertemanan dan pencarian. Anda dapat dengan mudah menyetelnya di halaman Pengaturan > Privasi dengan langkah-langkah seperti diatas.

Pengaturan privasi sangatlah penting untuk menjaga privasi dan kerahasiaan sebagian informasi pengguna Facebook, jadi jika anda merasa privasi anda di Facebook dilanggar oleh segelintir orang maka cara yang tepat adalah dengan menghubungi pihak Facebook di /help/ . Pihak Facebook sangatlah respect dengan privasi penggunanya, jadi jangan merasa takut atau bingung jika anda menjadi korban dari pelanggaran privasi, karena pihak Facebook akan selalu berada di pihak anda.

Baiklah, saya cukupkan sekian saja pembahasan kali ini mengenai Cara Merubah Privasi Kiriman Facebook Menjadi Publik, Teman atau Pribadi. Saya berharap semoga dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya. Jangan lupa komentar, like dan bagikan artikel ini ya. Dan jangan sungkan untuk mengunjungi Blog Kicauan Wong Cilik lagi dilain waktu.

Terimakasih dan sampai jumpa.

Cara Merubah Privasi Kiriman Facebook Menjadi Publik, Teman atau Pribadi

Oleh Irfan Siddik