Cara Monetisasi Video Di Halaman Facebook

Awal tahun 2018, Facebook secara resmi meluncurkan fitur crosposting yang memungkinkan pemilik fanspage memonetisasi video di halaman Facebook mereka.

Fitur tersebut dikenal dengan nama Facebook Creator. Sementara, sistem periklanan yang tampil disebut Ad Break atau ad crosposting [istilah ini sudah diganti lagi menjadi in-stream].

Hanya saja, untuk menghasilkan uang dari halaman Facebook agak sulit. Selain harus memenuhi standar kelayakan halaman, video yang di posting juga harus memenuhi syarat-syarat tertentu.

Bahkan, syaratnya lebih ketat dibanding Youtube. Meski begitu bukan berarti anda enggak bisa menghasilkan uang dari sini.

Untuk diketahui, ada empat cara monetisasi halaman Facebook, diantaranya:

* Iklan in stream atau iklan yang tampil saat video berlangsung, mirip dengan Youtube
* Jadi pendukung atau supporter halaman anda yang memungkinkan anda dapat berbagai keuntungan seperti lencana pendukung, konten eksklusif, diskon, video siaran langsung, grub pendukung dan stiker khusus. Biaya untuk jadi supporter tergantung si creator dimulai dari Rp20.000 hingga Rp100.000
* Star atau bintang yang diberikan oleh pengguna [yang hanya muncul saat anda reside streaming di Facebook] yang memungkinkan setiap pengguna menghasilkan zero,01 dari setiap bintang yang dikirimkan. Untuk beli bintang sangat mudah, dimana pengguna hanya perlu beli di Facebook pakai G-pay dengan nominal pembelian sebesar Rp. 8000 untuk 25 bintang.
* Kolaborasi merk dari mitra berbayar yang bekerja sama dengan creator entah dari Facebook langsung atau bukan

Empat cara monetisasi di atas sebenarnya sama begitu juga dengan sistem iklan yang tampil, bentuk videonya saja yang berbeda.

Di artikel kali ini saya hendak mengulas syarat dan cara monetisasi video di halaman Facebook termasuk video gaming.

1. Syarat monetisasi video di halaman Facebook
Seperti yang saya sebutkan diatas, ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi. Syarat-syarat ini cukup berat loh.

Selain itu, meskipun syarat-syarat itu sudah terpenuhi, enggak semua video yang di upload bakal muncul iklan.

Meski punya kelemahan, ada juga kelebihannya. Salah satunya adalah peninjauannya yang cepat dan enggak ada embel-embel lain seperti di AdSense yang harus verifikasi PIN dan Identitas.

Mungkin inilah yang menjadi alasan mengapa banyak Youtuber yang kemudian hijrah ke Facebook. Lantas apa saja syarat-syarat monetisasi video di halaman Facebook? Berikut syaratnya.

a. Harus punya halaman Facebook
Untuk bisa memonetisasi video di Facebook, syarat paling pertama tentu saja adalah fanspage Facebook itu sendiri.

Artinya, anda harus punya halaman Facebook. Kalau anda enggak punya fanspage Facebook, silahkan buat dulu.

Untuk membuatnya cukup mudah dan anda bisa menggunakan jenis Facebook entah itu Android, Lite atau web.

Berikut langkah-langkah atau cara membuat halaman di Facebook untk versi internet atau dekstop.

* Silahkan buka Facebook dan cari menu halaman lalu klik disitu
* Anda akan diarahkan pada daftar halaman anda, silahkan klik opsi Buat Halaman
* Disini anda akan diarahkan pada kategori laman yang mau dibuat. Tersedia dua pilihan yakni Bisnis atau Merek dan Komunitas atau tokoh masyarakat. Silahkan pilih saja yang sesuai dan klik tombol Memulai
* Setelah itu, silahkan masukkan nama Halaman serta kategorinya dan klik Lanjutkan
* Selanjutnya anda akan diminta memasukkan foto profil. Opsi ini bisa dilewati terlebih jika anda belum mau menambahkan foto profil dengan cara klik Lewati
* Sama seperti poin sebelumnya, anda akan diminta tambahkan foto Sampul. Jika belum mau, silahkan klik saja Lewati
* Setelah itu anda akan diarahkan laman Admin Tour. Di versi ponsel biasanya anda akan diminta untuk memasukkan alamat halaman atau fanspage tersebut sebelum masuk ke tahap ini. Oleh karena itu, ikuti saja instruksi selanjutnya sampai halaman Facebook berhasil diterbitkan

Setelah laman dibuat, selanjutnya apa? Saran saya, lengkapi dulu halaman yang baru anda buat. Setelah itu barulah anda memposting konten.

Setelah konten di posting, dalam hal ini video, jangan lupa promosikan. Untuk promosi, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, seperti:

* Promosi Ke grup-grup besar. Sebelum promosi ke grup-grup tersebut, pastikan dulu apakah konten yang anda bagikan itu sesuai dengan topik grup agar postingan anda enggak dianggap spam
* Menggunakan jasa promosi laman secara konvensional. Disini, anda bisa bekerja sama dengan laman yang punya pengikut banyak untuk mempromosikan laman anda. Cara ini terkadang butuh biaya. Namun enggak apa-apa, setidaknya, ada benefit yang didapatkan
* Promosi dengan iklan. Langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah mempromosikan laman buatan anda itu dengan iklan. Kalau anda punya duit, opsi ini bisa dipilih

Oh iya, saya juga punya tips spesial untuk anda yang ingin meningkatkan jumlah pengikut Facebook dengan cepat. Silahkan baca disini.

b. Sudah punya 10.000 pengikut
Selanjutnya adalah memastikan apakah halaman anda sudah punya 10.000 pengikut. Jumlah ini tergolong banyak untuk kreator pemula yang sedang merintis jalan untuk menghasilkan uang dari halaman Facebook.

Konsistensi anda benar-benar dibutuhkan disini. Jika anda enggak komitmen, agak sulit memang untuk bisa dapat duit dari Facebook.

Pengikut ini berbeda sama suka halaman ya. Bisa saja, halaman anda hanya disukai oleh 1000 orang tapi pengikutnya sudah 1 juta. Bisa saja, kan?

c. Minimal salah satu video anda sudah tayang sebanyak 30.000 kali untuk durasi 1 menit
Maksudnya gini, salah satu video yang anda unggah di fanspage tersebut sudah ditonton lebih dari 30 ribu kali dengan durasi 1 menit.

Dalam konteks ini, ada beberapa syarat khusus yang juga harus diperhatikan, seperti:

* Video yang anda unggah durasinya harus lebih dari 3 menit. Jika tidak maka tidak akan terhitung. Kalau durasinya lebih dari 3 menit gimana? Lebih bagus lagi karena durasi tonton kemungkinan akan bertambah
* Video tersebut harus di tonton dalam kurun waktu 60 hari [bulan] setelah di posting

Berat ya? Sangat berat. Terlebih jika fanspage buatan anda itu pengikutnya masih dibawah 30k sebab enggak akan muncul di fitur rekomendasi video yang terdapat di beranda pengguna.

d. Harus memenuhi standar kelayakan konten

Setelah syarat-syarat diatas terpenuhi, langkah berikutnya adalah memenuhi standar kelayakan monetisasi.

Standar ini, menurut saya pribadi, enggak jauh beda dengan standar monetisasi konten di Google Adsense.

Baca Juga : Kirim Tulisan Anda di 5 Situs Ini Dan Dapatkan Honor Jutaan Rupiah

Jadi, agar video anda bisa di monetisasi, video tersebut bukan berisikan konten asusila, por*grafi, SARA, unsur kekerasan dan lain sebagainya.

Intinya, video-video yang anda monetisasi harus sesuai dengan pedoman komunitas yang diterapkan Facebook.

e. Ketersediaan Negara
Soal ini sudah jelas. Sejak Oktober 2018 lalu, fitur monetisasi video halaman Facebook sudah tersedia di Indonesia. Dengan kata lain, syarat ini secara otomatis terpenuhi.

f. Syarat lain
Disamping itu, ada juga syarat lain yang tidak saya sebukan diatas. Syarat-syarat tersebut antara lain:

* Video yang dapat di crosspoting dengan iklan hanya video dengan durasi 3 menit
* Kualitas video harus HD
* Bukan video yang berhak cipta [termasuk lagu, cover lagu, film, konten milik orang lain dan lain sebagainya]
* Halaman anda tidak pernah melakukan pelanggaran [Bisa dilihat tab kualitas halaman masing-masing fanspage]
* Halaman tersebut tidak sedang di snooze [dibekukan] Facebook baik untuk sementara atau permanen

2. Syarat monetisasi video untuk konten gaming
Monetisasi video untuk konten gaming ini berbeda dengan video crossposting untuk Facebook creator yang sudah saya jelaskan diatas.

Jika anda yang hobi bermain sport, anda bisa dapat uang hanya dengan melakukan siaran langsung di Facebook.

Berikut disajikan syarat monetisasi Facebook gaming, diantaranya:

a. Buat laman kreator online game
Untuk hal ini, sebenarnya sama dengan cara yang saya sebutkan diatas. Hanya saja, kategori halamannya harus memilih sport.

Oh iya, langkah-langkah buat halaman Facebook juga sama. Jadi, anda tinggal ikuti langkah-langkah yang sudah saya jelaskan diatas.

b. Menayangkan siaran langsung selama four jam dalam 14 hari terakhir
Nah setelah punya laman Facebook, sebelum memonetisasinya, anda harus melakukan siaran langsung [reside] di halaman Facebook tersebut.

Siaran langsung itu harus dilakukan dalam kurun waktu 4 jam atau lebih dan harus dilakukan dalam kurun waktu 14 jam.

Saya sendiri enggak tahu pasti bagaimana sistemnya. Karena, istilah ini terbagi menjadi dua bagian. Yakni:

* Menayangkan video dengan durasi singkat yang ketika di akumulasikan mencapai four jam dalam durasi 14 hari
* Atau, menayangkan video dengan durasi four jam selama 14 hari atau dua minggu

Namun, banyak kreator game yang bilang kalau anda fitur ini akan aktif kalau anda mengikuti poin pertama, yakni melakukan siaran langsung selama 4 jam saja dalam waktu 14 hari.

c. Menayangkan siaran selama 2 hari dalam 14 hari terakhir
Nah ini berbeda dengan poin diatas. Disini, anda harus bisa melakukan siaran langsung [stay] di fanspage Facebook anda minimal 2 kali dalam dua minggu terakhir.

Jadi, enggak ada durasi waktu dan kapan. Anda bisa memilih melakukan siaran langsung selama 2 hari berturut-turut atau satu siaran langsung dalam kurun waktu seminggu.

d. Memiliki minimal a hundred pengikut
Syarat yang ini gak terlalu ribet yah. Agar fitur siaran langsung itu dapat di monetisasi, minimal pengikut halaman tersebut sudah harus mencapai one hundred orang.

Kalau lebih, tentu lebih bagus. Kalau enggak, minimal 100 orang saja, maka video gaming anda sudah bisa di monet.

3. Syarat-syarat lain agar bisa payout dari Facebook
Untuk bisa payout dari Facebook creator atau Facebook gaming [yang juga termasuk creator] ada juga syarat-syarat teknis yang juga harus dipenuhi selain syarat diatas.

Syarat ini mirip dengan verifikasi identitas di AdSense, berikut diantaranya:

* Harus punya Nomor Pengguna Wajib Pajak [NPWP]. Jika anda belum punya NPWP dan pengen tahu cara buatnya silahkan klik disini
* Nama dan nomor rekening bank aktif [Bisa pakai PayPal]

Untuk pengaturan pembayaran ini tersedia di creator studio dan akan terbuka setelah satu halaman anda berhasil di monetisasi.

Lantas, bagaimana cara memonetisasi video di halaman Facebook? Silahkan langkah-langkah dibawah ini:

1. Monetisasi video di halaman Facebook biasa
Berikut langkah-langkah monetisasi video di halaman Facebook biasa.

* Buka Facebook> dan pilih halaman mana yang mau di monetisasi. Setelah terbuka, di bagian bar atas tersedia dua pilihan yakni Alat Penerbitan dan Creator Studio. Anda bisa klik salah satunya
* Disini saya menggunakan Creator Studio yang secara otomatis akan diarahkan ke laman creator studio. Jika anda klik alat penerbitan, anda harus klik lagi menu creator studio yang tersedia di alat penerbitan tersebut
* Selanjutnya klik Monetisasi> lalu pilih halaman mana yang memenuhi syarat
* Jika sudah memenuhi syarat, silahkan klik Siapkan Monetisasi
* Disini anda akan diarahkan ke laman baru Facebook for creator. Untuk memonetisasi halaman tersebut silahkan klik Daftar Sekarang
* Ikuti petunjuk selanjutnya sampai berhasil

Di poin ini, ada 3 jenis metode monetisasi yang bisa anda pilih, seperti:

* Iklan In Stream [crossposting advert] yang berarti iklan disisipkan dalam video di halaman yang sudah memenuhi syarat
* Kolaborasi merk yang memungkinkan anda membangun bisnis dengan mitra berbayar
* Dan langganan penggemar yang mengubah pendengar jadi pendukung untuk mendapatkan langganan secara rutin

Untuk poin ini hanya terbuka di Facebook versi net. Jadi pastikan anda membukanya di laptop computer atau dekstop.

2. Cara monetisasi video untuk konten gaming
Untuk anda yang ingin menghasilkan uang dari video gaming buatan anda dengan fitur streaming di Facebook, berikut langkah-langkahnya:

* Buka Facebook gaming atau klik saja tautan ini
* Setelah itu ikuti petunjuk dasarnya sebelum melakukan streaming video gaming

Jangan lupa juga siapkan juga peralatan yang dibutuhkan, terlebih jika anda mau streaming menggunakan Laptop atau desktop

Penutup
Sebenarnya, ada banyak sekali cara menghasilkan uang di period sekarang ini. Salah satunya dengan memanfaatkan media sosial seperti Facebook.

Cara menghasilkan uang dari Facebook pun enggak hanya dua cara diatas. Soal ini sudah saya ulas di salah satu artikel saya yang berjudul thirteen cara menghasilkan uang dari Facebook.

Demikian artikel tentang syarat dan cara monetisasi video di halaman Facebook. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~