Jenis-Jenis Humidifier

Jenis-Jenis Humidifier – Ruangan yang menggunakan AC memang bisa memicu udara menjadi kering. Jika tubuh dibiarkan terlalu lama terpapar udara kering, maka selaput lendir pada tenggorokan dan hidung dapat melemah. Walhasil, tubuh mudah terserang pilek atau influenza.

Karena itu, Anda bisa memanfaatkan penggunaan humidifier. Alat yang memiliki daya humidifikasi ini, bisa membantu meningkatkan kelembapan di sebuah ruangan dengan sangat baik.

Di pasaran, Anda bisa mendapatkan berbagai macam humidifier, dari berbagai merek. Selain bermacam model dan bentuk, alat ini juga didukung dengan berbagai macam fitur dan tingkat efektivitas yang berbeda.

Agar Anda tidak salah memilih, sebaiknya mengenali terlebih dahulu keempat jenis alat ini. Berikut ini adalah penjelasan singkatnya.

Steam Humidifier

Jenis humidifier yang pertama adalah Steam Humidifier. Alat ini akan bekerja dengan memanaskan dan mensterilisasikan air pada tangki untuk menghasilkan uap. Ruangan memang akan menjadi lebih cepat hangat namun uap yang dikeluarkan cukup panas, sehingga berbahaya bila anak-anak mendekat.

Evaporative Humidifier

Jenis kedua, yaitu evaporative humidifier, yang bekerja dengan menggunakan kipas untuk mengirimkan uap melalui penyaring yang telah teresap air. Uap yang dihasilkan memang tidak terlalu panas, karenya butuh waktu lebih lama agar ruangan menjadi lembap.

Ultrasonic Humidifier

Ultrasonic humidifier adalah jenis yang ketiga, alat ini bisa mengubah air menjadi uap untuk menghasilkan gelombang ultrasonik. Selain modelnya yang menarik, alat ini juga tidak mengeluarkan suara saat bekerja dan uap yang dikeluarkan tetap hangat. Sayangnya, tipe ini tidak didukung tangki steril otomatis, sehingga Anda harus memastikan air yang digunakan dalam keadaan bersih.

Hybrid Humidifier

Jenis yang keempat, yaitu hybrid humidifier, yang terbilang cukup baik bila dibandingkan tiga jenis sebelumnya. Namun, jenis ini dijual dalam harga yang paling mahal dibandingkan yang lainnya.

Dari keempat jenis humidifier yang telah disebut di atas, kini Anda bisa menentukan jenis mana yang paling mendekati kebutuhan Anda. Selain itu, sebelum membeli alat ini, pastikan juga Anda tahu di mana alat tersebut akan diletakkan. Tujuannya agar bisa mendapatkan alat yang paling tepat dan mampu melembabkan udara di ruangan secara maksimal.