Anomali atau kesalahan yang seharusnya tidak terjadi bisa saja terjadi pada mobil anda kapan saja dan dimana saja. Bahkan, salah satu kerusakan yang sangat ditakutkan adalah kasus rem blong. Bayangkan saja jika anda sedang berkendara rem mobil anda tidak berfungsi dengan baik. Pasti anda akan merasa sangat panik, bukan? Apalagi bagi pecinta dan pengguna mobil matic. Masalahnya, banyak yang mengatakan bahwasanya mobil matic lebih sering mengalami masalah rem blong. Namun, benarkah? Mari kita ulas lebih lanjut.

Fakta Masalah Rem Blong Pada Mobil Matic

Bukan tanpa sebab jika banyak yang menyukai jenis mobil ini. Sebab, lebih mudah digunakan. Terutama bagi kaum wanita. Untuk itulah tidak mengherankan jika penjualan jenis mobil matic selalu meningkat dari tahun ke tahun. Tapi, selalu ada pro dan kontra, bukan? Tanpa terkecuali jenis mobil matic ini. Dibalik kemudahan yang ditawarkan, ternyata ada hal tersembunyi yang menakutkan, yakni rem mudah blong! Benarkah? Anda harus tahu, bahwasanya mobil matic hanya mengandalkan rem untuk mengatur kecepatan laju mobil. Absennya persneling ini tentu membuat kerja rem menjadi jauh lebih meningkat. Tentu saja, karena sering digunakan maka ini akan menimbulkan dampak bagi rem mobil matic tersebut. Masalahnya, penggunaan rem yang terlalu sering untuk mengubah laju kecepatan ini akan memicu reaksi vapor lock. Ini adalah reaksi ketika udara terjebak masuk ke dalam rem mobil. Dan, hal ini juga yang akan menyebabkan masalah rem blong karena kinerja mobil menjadi terganggu. Jadi, rem mudah blong pada mobil matic ini sebenarnya sebuah fakta, hanya saja bisa diminimalisir jika dirawat dengan baik.

Cara Mengatasi Rem Blong Pada Mobil Matic

Jika anda sudah mengalami atau sedang mengalami masalah rem blong ini, maka jangan panik! Kunci paling utama untuk menghadapi masalah ini adalah tetap tenang dan usahakan jangan panik berlebihan. Sebab, anda tidak bisa berpikir secara logis jika sudah panik. Intinya, coba lakukan hal-hal di bawah ini terlebih dahulu, yaitu:

1. Pastikan Lampu Hazard Menyala

 

Anda dituntut untuk tidak panik agar bisa mengambil tindakan logis seperti langsung menyalakan lampu hazard. Jika anda tidak memberikan “alarm” sama sekali ke pengguna lainnya maka bisa-bisa akan berdampak kepada kecelakaan lalu lintas. Inilah salah satu alasan mengapa anda dituntut untuk tidak panik agar bisa mencari solusi darurat yang tepat. Jika ada pengemudi lain di depan yang belum sadar maka jangan sungkan untuk membunyikan klakson agar mereka lebih mengerti.

2. Atur Transmisi Dengan Benar

 

Rem memang digunakan untuk mengurangi dan mengatur laju kecepatan pada mobil matic. Namun, ketika rem bermasalah anda tetap bisa mengendalikan laju kendaraan. Salah satu caranya adalah dengan memindahkan tuas transmisi dengan baik. Jika mobil sedang berada di jalanan datar maka coba pindahkan posisi tuas transmisi ke S.

3. Gunakan Tuas Rem Tangan

Nah, hal berikutnya yang sebaiknya anda lakukan untuk meminimalisir kerusakan dengan menggunakan tuas rem tangan. Tarik tuas rem tangan tersebut secara perlahan agar tidak menimbulkan masalah karena dihentikan secara paksa mendadak. Cobalah menariknya pelan-pelan sedikit demi sedikit. Jika tidak, maka akan menyebabkan ketidakstabilan mobil yang melaju di jalanan.

4. Bengkel dan Asuransi

 

Bayangkan jika hal buruk seperti ini terjadi pada mobil matic anda. Pasti membutuhkan biaya yang banyak, bukan? Nah, untuk meminimalisir masalah cobalah menggunakan  Asuransi Mobil All Risk yang merupakan bagian dari Asuransi Mobil. Jadi, ketika hal buruk terjadi maka pihak asuransi bisa mengcover ke bengkel terbaik.

Demikianlah fakta tentang masalah rem blong pada mobil matic. Semoga bermanfaat.