Simak Tips Perawatan Mobil Baru Disini!

Selama ini beberapa orang yang membeli mobil baru memiliki pemahaman bahwa harus dibawa ke bengkel setelah dierahkan dealer, atau anti mainstreamnya memanggil ahli mobil untuk mengeceknya. Padahal bisa dirawat secara mandiri tanpa mengeluarkan biaya yang mahal.

Justru, apabila terlalu sering dicek atau dibongkar pasang justru membuat performa mobil menjadi menurun. Oleh karena itu, simak tips merawat mobil yang baru pada pembahasan berikut ini!

Tips Ampuh Merawat Mobil Baru

Sekali lagi perlu digaris bawahi bahwa perawatan yang dilakukan mandiri tidak perlu setiap hari. Anda bisa meluangkan waktu satu atau dua minggu sekali. Baik itu waktu libur kantor atau longgar.. tentunya perawatan harus dilakukan dengan hati-hati melalui beberapa tips di bawah ini:

1. Senantiasa Menghindari Jamur pada Kaca dan Body

Perawatan yang pertama Anda harus menjaga kaca dan body dari jamur. Apabila jamur sudah menempel maka ia akan melekat kuat sehingga mengurangi kesan penampilan indah dan kebersihan dari mobil.

Bahkan jika dibiarkan terlalu lama bisa membuat mobil baru seperti bekas. Anda cukup dengan meletakkan mobil di tempat yang tidak terlalu lembab ataupun panas. Apabila ditemukan sedikit jamur baik pada kaca atau body maka Anda harus membersihkannya secepat mungkin.

Caranya dengan menggosoknya pelan menggunakan lap kering. Hindari juga pemakaian mantel mobil saat hujan karena itu bisa memancing datangnya jamur.

2. Selalu Cuci Mobil Ketika Kotor

Manusia pasti memiliki rasa bosan, capek atau malas. Namun ketika Anda memiliki mobil semua rasa itu harus dihilangkan. Usahakan mencuci mobil secara rutin ketika sudah mulai kotor. Terlebih baru menerjang hujan, jika dibiarkan mobil akan terlihat kumuh dan kotor.

Apabila tidak dibersihkan terlalu lama maka kotoran akan melekat kuat hingga pada akhirnya sulit untuk dibersihkan. Bawa ke tempat pencucian jika tidak ada waktu untuk melakukan perawatan secara mandiri. Sampai sini bisa dipahami kan?

3. Hindarkan dari Terik Matahari Langsung

Beberapa dari Anda memang kerap menggunakan mobil saat siang hari di bawah terik matahari langsung. Sebenarnya hal ini bukan masalah yang berarti, yang menjadi masalah ketika Anda membiarkannya parkir terlalu lama di bawah terik.

Usahakan untuk selalu mencari tempat yang rindang seperti di bawah pepohonan atau ruangan semi tertutup. Dampak buruknya adalah membuat cat cepatĀ  pudar dan tampilan menjadi kusam. Jadi jangan sampai hal ini terjadi pada new car kesayangan Anda ya!

4. Bersihkan Bagian Dalam Secara Teratur

Kesalahan masyarakat pada umumnya adalah membersihkan hanya bagian luar mobil saja, sedangkan bagian dalam tidak terlalu diperhatikan. Jangan lakukan hal ini apabila tidak ingin mobil Anda cepat rusak.

Caranya adalah dengan menyemprotkan cairan pembersih pada lap terlebih dahulu, jangan secara langsung agar tidak ada hal yang mengganggu sistem kelistrikan. Apalagi jika new car Anda penuh oleh perangkat elektronik.

Setelah cairan di semprotkan ke lap kain, Anda harus mulai membersihkannya dari bagian dashboard terlebih dahulu, kemudian doortrim dan bagian lain yang dianggap kotor. Jangan bersihkan bahan kain berbulu menggunakan lap ya, karena justru membuatnya semakin kotor. .

5. Rawat Bagian Mesin Mobil

Mesin adalah komponen yang biasanya dikesampingkan, rusak baru dibawa ke bengkel. Hal tersebut tentunya kurang benar. Anda harus memberikan perhatian khusus, berhenti ketika mesin sudah terlalu panas, bersihkan secara teratur dari debu dan kotoran menggunakan air.

Bisa juga dengan sikat atau lap yang sudah disemprot cairan pembersih. Bisa juga menggunakan produk khusus seperti engine degreaser yang bisa dibeli di pasaran.

Jika Anda bertanya dimana tempat membeli mobil yang recommended dan memberikan kemudahan dalam analisis finansial? Jawabannya ya hanya di SEVA. Anda harus menghubungi customer service terlebih dahulu untuk melakukan konsultasi, atau jika sudah memiliki pandangan langsung saja order.